Uncategorized

Day 7 – NHW FBE

Hari ini memasuki hari terakhir pengerjaan NHW FBE. Sejujurnya saya masih meraba-raba apakah yang sudah saya lakukan dalam rangka memfasilitasi anak-anak, sudah tepat atau belum. Saya tak yakin itu benar 100%, tapi setidaknya saya telah berusaha.

Seperti pagi ini masih menyoal rambutan. Sebelumnya, si adik memang sedang belajar berusaha mengupas kulit rambutan, tapi menaruh kulitnya ya dimana dia duduk. Alias sembarangan. Saya memintanya mengumpulkan kulit rambutan ke dalam plastik yang sudah tersedia.

“Adik, tolong kulit-kulitnya dikumpulkan di sini ya,” Simpel saja. Alhamdulillah si adik langsung menuruti perintah singkat dari saya. Mungkin kalau sebelumnya saya memilih membereskannya sendiri sambil pasang tampang garang dan ngedumel.

Saya memilih memfasilitasi, menyimpan energi daripada marah-marah, dan membiarkan si adik mengerjakan apa yang memang menjadi tanggung jawabnya. Alhamdulillah, selain sayanya lebih tenang, si adik pun bahagia karena dia telah berhasil mengupas kulit rambutan sendiri.

#FitrahHomeBasedEducation
#TrainingCalonFasilMIIPB7 
#IbuMendidikdenganNurani 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.