Uncategorized

Menumbuhkan Minat Membaca

Siapa yang ingin anak-anaknya cinta membaca atau setidaknya mencintai buku? Hayo siapa? Saya termasuk salah satunya.

Kita pasti percaya dan meyakini bahwa membaca adalah salah satu kegiatan positif. Apalagi bila dilakukan sejak dini. Menumbuhkan minat membaca pada anak sebenarnya tidak sulit. Berikut ada beberapa tips untuk menumbuhkan minat membaca pada anak-anak

  • Membacakan cerita

Sudah banyak ilmuwan yang membuktikan melalui penelitian bahwa aktivitas membacakan buku pada bayi dapat menstimulasi otak. Anak akan terbiasa menerima hal baru melalui cerita yang dibacakan. Begitu pula pada anak usia balita. Dengan membacakan cerita, anak-anak bisa menangkap kosakata baru, nilai-nilai baru , atau pengetahuan baru lainnya.

  • Memberikan teladan

Anak yang terbiasa melihat orang tuanya meluangkan waktu untuk membaca, maka semakin besar peluang bagi anak untuk juga suka membaca. Bukankah anak-anak adalah peniru yang ulung?

  • Ajak anak ke toko buku atau perpustakaan

Orang tua memiliki tugas menjadikan toko buku sebagai spot singgah yang menyenangkan. Tugas selanjutnya adalah menanamkan sifat selektif dalam memilih bacaan. Setelah itu, beri kepercayaan pada anak untuk memilih sendiri buku yang diinginkannya.

  • Membeli buku yang dapat menarik minat anak

Tiada salahnya memulai dari hal yang paling disukai. Sebisa mungkin orang tua menghindari memaksakan anak untuk membaca buku yang kurang diminati. Orang tua perlu meyakinkan pada anak bahwa membaca adalah proses yang menyenangkan.

  • Sisihkan uang untuk membeli buku

Sediakan satu tabungan khusus untuk anggaran membeli buku baru. Tanamkan pada anak membeli buku sebagai kebutuhan yang lebih penting daripada mainan.

  • Beri hadiah/reward

Pemberian hadiah bisa berupa materi maupun nonmateri. Misalnya dengan membelikan buku baru, atau bisa juga dengan memberikan ucapan positif yang mampu membuat anak semakin gemar membaca.

  • Membuat perpustakaan keluarga

Jika memungkinkan, tiada salahnya membuat perpustakaan mini di dalam rumah. Tidak perlu mewah atau lengkap, mulai saja dari yang sederhana. Kumpulkan buku anak dalam satu rak khusus yang mudah dijangkau. Pastikan anak tidak kesulitan mengambil buku yang ingin dibacanya.

Ini buku-buku pas rapi

Sudah saatnya kita menyadari akan pentingnya membaca dalam keluarga hingga menjadikannya sebuah rutinitas. Orang tua punya peran menjadikan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan. Selamat mencoba tips di atas.

#30harimenulis

#hari24

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.